LATAR BELAKANG MASALAH Motivasi adalah daya penggerak atau pendorong untuk melakukan sesuatu pekerjaan

LATAR BELAKANG MASALAH
Motivasi adalah daya penggerak atau pendorong untuk melakukan sesuatu pekerjaan, yang bisa berasal dari dalam diri dan juga dari luar (Dalyono, 2005: 55). Adapun menurut ngalim Purwanto motivasi adalah suatu pernyataan yang kompleks didalam suatu organisme yang mengarahkan tingkah laku terhadap suatu tujuan atau perangsang (Ngalim Purwanto, 2007:61). Sedangkan pengertian belajar menurut Nasution dkk adalah suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laku sebagai hasil dari terbentuknya respon utama, dengan sarat bahwa perubahan atau munculnya tingkah laku baru itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau oleh adanya perubahan sementara oleh suatu hal (Nasution, dkk: 1992). Menurut Sudjana belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan dalam diri seseorang. Perubahan dalam diri seseorang dapat ditunjukan dengan berubahnya pengetahuan, pemahamannya, sikap dan tingkah laku, keterampilan dan kemampuannya, daya reaksi daya penerimaan dan aspek-aspek lainnya (Sudjana, 2002: 280). Jadi pengertian motivasi belajar yaitu suatu penggerak atau pendorong seseorang dalam proses belajar.

Dalam proses belajar seharusnya siswa mendapatkan motivasi yang tinggi, baik motivasi internal yang berasal dari diri nya sendiri maupun motivasi eksternal yang berasal dari lingkungan seperti orang tua, teman, guru dan lain-lain. Motivasi yang berupa dorongan, hasrat, kebutuhan, seseorang untuk melakukan kegiatan tertentu dalam hal ini motivasi untuk belajar matematika. Harus ada motivasi dan minat belajar yang tinggi dalam diri siswa. Minat yang dimaksud artinya siswa harus memiliki kemauan untuk belajar lebih mendalam tentang matematika, melakukan kebiasaan dan disiplin dalam proses pembelajaran. Dengan adanya motivasi yang tinggi di harapkan peserta didik atau siswa mempunyai semangat belajar yang tinggi sehingga dalam proses pembelajaran siswa mendapatkan hasil yang maksimal.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Menurut penelitian sebelumnya motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Hadiyanti, 2012; Sukati, 2012). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Artinya semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi hasil belajar matematika yang di peroleh. Sebaliknya apabila semakin rendah motivasi belajar maka semakin rendah juga hasil belajar matematika yang diperoleh. Siswa yang memiliki motivasi yang tinggi mempunyai kemampuan akademis lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi yang rendah. Hasil penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa faktor yang menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa adalah kemampuan siswa, kondisi lingkungan siswa dan upaya guru dalam proses pembelajaran.

Kurang nya motivasi siswa memicu munculnya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh siswa seperti bolos sekolah, tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan materi dan lain sebagainya yang disebut dengan kenakalan peserta didik. Kenakalan disini maksudnya adalah perilaku siswa yang menyimpang dari aturan-aturan yang telah di ditetapkan. Hal tersebut memungkinkan menjadi salah satu penyebab kurangnya motivasi siswa sehingga prestasi belajar siswa menurun.

x

Hi!
I'm Mia

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out